penyebab telat haid 2 minggu

telat haid 2 minggu

Penyebab Telat Haid 2 Minggu dan Cara Mengatasi Secara Alami

Haid merupakan keluarnya cairan yang berupa darah dari vagina atau alat vital wanita yang telah memasuki usia subuh dan sedang tidak hamil. Masa haid yang normal akan terjadi 3-7 hari pada setiap bulannya. Namun ada sebagian wanita yang mengalami masalah telat haid 2 minggu hingga 3 bulan lamanya. Ketika wanita tidak mengalami haid, hal itu tidak selalu di’identikkan terjadi kehamilan.

Peristiwa tersebut dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim pada bagian dalam rahim atau endometrium. Hal itu dipengaruhi oleh hormone estrogen, endometrium jadi tumbuh menebal dan menantikan datangnya sel telur. Pada pertengahan siklus haid maka akan terjadi pelepasan sel telur dan sperma yang bersatu menjadi zygote (bakal janin).

Penyebab Telat Haid 2 Minggu yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa penyebab telat haid yang sering terjadi pada wanita yang perlu Anda ketahui. Karena seseorang yang mengalami telat haid bukan berarti selalu mengalami kehamilan, namun karena faktor-faktor tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

  1. Perubahan jam biologis secara drastis

Penyebab telat haid pada umumnya yaitu terkait dengan perubahan jam biologis wanita tersebut. Tubuh kita memiliki jam biologis sendiri. Jika setiap hari jam biologis Anda berubah karena suatu hal dan hal lain, maka tubuh Anda juga akan merasa bingung untuk menyesuaikan nya. Salah satu dampaknya yaitu mengalami perubahan siklus menstruasi.

Jika Pekerjaan Anda mengharuskan masuk dengan sift yang berbeda setiap harinya atau mengharuskan pergi ketempat yang berbeda dalam setiap minggu nya. Maka yang terjadi yaitu jam biologis Anda akan berantakan sehingga Anda hanya memiliki waktu istirahat saat dalam perjalanan.

Selain itu, misalkan Anda sedang menyelesaikan tugas skripsi atau tugas yang menyita waktu lainnya juga dapat berpengaruh terhadap siklus menstruasi Anda. Jadwal menstruasi berubah menjadi kacau karena tubuh Anda tidak bisa diajak bergadang setiap hari.

  1. Aktivitas yang melelahkan

Telat haid 2 minggu juga dapat disebabkan karena bekerja, berfikir dan beraktifitas yang terlalu lama dan menyita waktu dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan. Pada saat Anda lelah, maka mekanisme pembentukan dinding rahim tidak mampu berjalan dengan sempurna. Akibatnya Anda akan mengalami telat menstruasi.

Kelelahan juga bisa menghambat produksi hormone melation sehingga membuat Anda menjadi susah tidur dan kembali memberikan dampak pada siklus menstruasi. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin memiliki perubahan siklus menstruasi maka harus menjaga pola hidup yang teratur dan istirahat yang cukup.

  1. Konsumsi obat- obatan tertentu

Ketika Anda mengkonsumsi obat- obatan tertentu seperti pil KB, aspirin dan ibu profen maka dapat mengubah kadar hormone didalam tubuh menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormone tersebut yang menyebabkan perubahan siklus menstruasi Anda.

Jika Anda mengalami perubahan siklus haid, maka sebaiknya segera berhenti untuk mengkonsumsi jenis obat- obatan di atas. Karena obat- obatan tersebut mengandung hormone estrogen dan progestin yang berfungsi untuk menghentikan sel telur pada rahim.

Ketika Anda sudah berhenti mengkonsumsi pil KB, maka Anda pun membutuhkan waktu 6 bulan untuk mengembalikan siklus haid Anda untuk menjadi teratur kembali.

  1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome merupakan gangguan hormonal di mana seorang wanita memproduksi hormon androgen-testosteron dibandingkan dengan hormon estrogen-progesteron. Kondisi tersebut yang menyebabkan tidak terjadinya ovulasi dan hormone di dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Seorang wanita yang mengalami Polycystic Ovary Syndrome maka siklus menstruasinya menjadi lebih jarang, bahkan bisa beberapa bulan sekali atau setahun sekali.

  1. Masalah berat badan

Berat badan pada wanita ternyata sangat dipengaruhi oleh hipotalamus yaitu kelenjar di dalam otak yang bertanggung jawab untuk mengatur berbagai proses di dalam tubuh, salah satunya siklus menstruasi. Kelebihan berat badan atau penurunan berat badan secara drastis akan menjadi penyebab siklus menstruasi menjadi tidak lancar.

Berat badan yang tidak stabil akan mengganggu proses hipotalamus. Sehingga tubuh tidak mampu melepaskan hormon estrogen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dinding rahim. Sehingga menyebabkan tubuh Anda tidak mampu melepas sel telur dan akhirnya mengalami telat datangnya menstruasi.

Sedangkan lemak akan menjadi penting untuk wanita karena sebagai tempat menyimpan hormone estrogen. Seorang wanita yang mengalami penurunan berat badan secara drastis, maka akan kehilangan lemak dalam jumlah banyak sehingga mengalami penurunan kadar hormon estrogen yang kemudian menyebabkan Anda menjadi telat menstruasi.

  1. Mengalami stress

Penyebab telat haid 2 minggu berikutnya yaitu stress. Stress menjadi penyebab seorang wanita mengalami masalah perubahan siklus menstruasi. Ketika Anda mengalami stress, maka otak akan menghasilkan hormon kortisol dan tingkat andrenalin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Sehingga stress memang selalu menjadi penyebab dari berbagai penyakit dan gangguan termasuk masalah menstruasi. Karena segala sesuatunya berawal dari pikiran, jika pikiran Anda kacau maka kondisi yang lain pun juga akan menjadi kacau.

Pada saat Anda mengalami stress, maka otak akan menurunkan menurunkan produksi gonadotropin yang dapat menyebabkan tertundanya masa evolasi sehingga Anda mengalami menstruasi terlambat.

  1. Gangguan pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur metabolism di dalam tubuh. Ketika Anda memiliki gangguan pada kelenjar tiroid, maka akan terjadi ketidakseimbangan hormone yang kemudian dapat berakibat pada dua hal yaitu terjadinya keterlambatan menstruasi atau justru periode menstruasi menjadi lebih lama.

Jadi, apabila Anda mengalami keterlambatan menstruasi sebaiknya cek dulu ke dokter tentang kelenjar tiroid Anda apakan bermasalah. Sehingga Anda mengetahui permasalahan yang terjadi dengan perubahan siklus menstruasi Anda.

Cara Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur Dengan Bahan Alami

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah telat haid 2 minggu secara alami dan tidak menimbulkan efek samping. Jika cara tersebut Anda lakukan dengan rutin dan konsisten maka siklus menstruasi Anda akan kembali teratur.

  • Lidah buaya

Tanaman lidah buaya yang biasanya digunakan untuk menghiasi halaman rumah ternyata memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu mengalasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Lidah buaya mampu meningkatkan produksi hormon yang bertanggungjawab untuk membantu untuk menstabilkan siklus menstruasi yang teratur.


infosehat

SentraKesehatan.Com merupakan situs yang memberikan informasi tentang kesehatan dan kecantikan bagi pria dan wanita. Anda bisa membaca tips dan panduan cara mengobati dari bahan-bahan herbal alami aman tanpa efek samping.

1 Komentar

Cara Untuk Mencegah Kanker Serviks! SentraKesehatan.Com · Mei 16, 2019 pada 5:45 am

[…] Baca Juga:¬†Penyebab Telat Haid 2 Minggu dan Cara Mengatasi Secara Alami […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *