Cara Mengobati Orang yang Telah Kecanduan Alkohol! Beberapa orang dapat berhenti minum sendiri atau dengan  kelompok pendukung lainnya, sementara yang lain memerlukan pengawasan medis untuk menarik diri dari alkohol dengan aman dan nyaman.

Kecanduan Alkohol

Artikel Baru ini akan Merikan anda tahapan untuk mengatasi Kecanduan Alkohol. Pilihan mana yang terbaik untuk Anda tergantung pada seberapa banyak Anda minum, berapa lama Anda memiliki masalah, stabilitas situasi hidup Anda, dan masalah kesehatan lain yang mungkin Anda miliki.

Contoh program perawatan alkohol

Perawatan di rumah tinggal melibatkan tinggal di fasilitas perawatan sambil menjalani perawatan intensif di siang hari. Perawatan di rumah biasanya berlangsung selama 30-90 hari.

Rawat inap sebagian adalah untuk orang-orang yang memerlukan pemantauan medis berkelanjutan tetapi memiliki situasi hidup yang stabil. Program perawatan ini biasanya bertemu di rumah sakit selama 3-5 hari seminggu, 4-6 jam per hari.

Program rawat jalan intensif fokus pada pencegahan kambuh dan sering dapat dijadwalkan di sekitar pekerjaan atau sekolah.
Terapi dapat membantu Anda mengidentifikasi akar penyebab penggunaan alkohol Anda, memperbaiki hubungan Anda, dan mempelajari keterampilan koping yang lebih sehat.

Tidak ada peluru ajaib atau perawatan tunggal yang bekerja untuk semua orang. Kebutuhan setiap orang berbeda, jadi penting bagi Anda untuk menemukan program yang terasa tepat bagi Anda. Program perawatan kecanduan alkohol apa pun harus disesuaikan dengan masalah dan situasi unik Anda.

Perawatan Bagaimana yang Harus Dilakukan?

Perawatan tidak harus terbatas pada dokter dan psikolog. Banyak anggota klerus, pekerja sosial, dan konselor juga menawarkan layanan perawatan kecanduan.

Perawatan harus mengatasi lebih dari sekadar penyalahgunaan alkohol Anda. Kecanduan memengaruhi seluruh hidup Anda, termasuk hubungan, karier, kesehatan, dan kesejahteraan psikologis Anda.

Keberhasilan perawatan tergantung pada pemeriksaan bagaimana penyalahgunaan alkohol berdampak pada Anda dan mengembangkan cara hidup baru.

Komitmen dan tindak lanjut adalah kuncinya. Memulihkan diri dari kecanduan alkohol atau minuman keras bukanlah proses yang cepat dan mudah. Secara umum, semakin lama dan semakin intensif penggunaan alkohol, semakin lama dan semakin intens perawatan yang Anda butuhkan.

Tetapi terlepas dari lama program pengobatan dalam minggu atau bulan, perawatan tindak lanjut jangka panjang sangat penting untuk pemulihan Anda.

Dapatkan perawatan untuk masalah kesehatan medis atau mental lainnya. Orang sering menyalahgunakan alkohol untuk meringankan gejala masalah kesehatan mental yang tidak terdiagnosis, seperti depresi atau kecemasan.

Ketika Anda mencari bantuan untuk kecanduan alkohol, penting juga untuk mendapatkan perawatan untuk masalah psikologis lain yang Anda alami. Kesempatan terbaik Anda untuk sembuh adalah dengan mendapatkan perawatan kesehatan mental dan kecanduan gabungan dari penyedia atau tim perawatan yang sama.

Menarik dari alkohol dengan aman
Ketika Anda minum banyak dan sering, tubuh Anda secara fisik menjadi tergantung pada alkohol dan mengalami penarikan jika Anda tiba-tiba berhenti minum. Gejala-gejala penarikan alkohol berkisar dari ringan hingga berat, dan termasuk:

  • Sakit kepala
  • Gemetar
  • Berkeringat
  • Mual atau muntah
  • Kegelisahan dan kegelisahan
  • Kram perut dan diare
  • Kesulitan tidur atau berkonsentrasi
  • Denyut jantung dan tekanan darah meningkat

Gejala penarikan alkohol biasanya mulai dalam beberapa jam setelah Anda berhenti minum, memuncak dalam satu atau dua hari, dan membaik dalam lima hari. Tetapi pada beberapa pecandu alkohol, penarikan bukan hanya tidak menyenangkan  itu bisa mengancam jiwa.

Jika Anda peminum berat jangka panjang, Anda mungkin perlu detoksifikasi yang diawasi secara medis. Detoksifikasi dapat dilakukan secara rawat jalan atau di rumah sakit atau fasilitas perawatan alkohol, di mana Anda mungkin akan diberi resep obat untuk mencegah komplikasi medis dan mengurangi gejala penarikan.

Apa yang Harus Saya Lakukan?

Cari bantuan medis darurat jika Anda mengalami salah satu gejala penarikan berikut:

  • muntah parah
  • kebingungan dan disorientasi
  • demam
  • halusinasi
  • agitasi ekstrim
  • kejang atau kejang

Gejala-gejala yang tercantum di atas mungkin merupakan tanda bentuk penarikan alkohol yang parah yang disebut delirium tremens, atau DTs. Kondisi darurat yang jarang ini menyebabkan perubahan berbahaya dalam cara otak Anda mengatur sirkulasi dan pernapasan Anda, jadi penting untuk segera ke rumah sakit.

Dapatkan dukungan

Apakah Anda memilih untuk mengatasi kecanduan alkohol Anda dengan pergi ke rehabilitasi, mendapatkan terapi, atau mengambil pendekatan pengobatan mandiri, dukungan sangat penting. Jangan mencoba melakukannya sendiri.

Memulihkan diri dari kecanduan atau penyalahgunaan alkohol jauh lebih mudah ketika Anda memiliki orang-orang yang dapat Anda andalkan untuk memberi semangat, kenyamanan, dan bimbingan.

Dukungan dapat datang dari anggota keluarga, teman, konselor, pecandu alkohol yang baru pulih, penyedia layanan kesehatan Anda, dan orang-orang dari komunitas agama Anda. Bersandar pada teman dekat dan keluarga Memiliki dukungan dari teman dan anggota keluarga adalah aset yang sangat berharga dalam pemulihan.

Jika Anda enggan beralih ke orang yang Anda cintai karena Anda pernah mengecewakan mereka, pertimbangkan untuk pergi ke konseling pasangan atau terapi keluarga.

Bangun jejaring sosial yang tenang

Jika kehidupan sosial Anda sebelumnya berkutat dengan alkohol, Anda mungkin perlu membuat beberapa koneksi baru. Sangat penting untuk memiliki teman yang sadar yang akan mendukung pemulihan Anda. Cobalah mengikuti kelas, bergabung dengan gereja atau kelompok masyarakat, menjadi sukarelawan , atau menghadiri acara-acara di komunitas Anda.

Jadikan rapat sebagai prioritas

Bergabunglah dengan kelompok pendukung pemulihan dan hadiri pertemuan secara teratur. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mengerti persis apa yang Anda alami bisa sangat menyembuhkan. Anda juga dapat mengambil manfaat dari pengalaman bersama dari anggota kelompok dan mempelajari apa yang telah dilakukan orang lain untuk tetap sadar.

Bagaimana Saya Harus Memulai?

Temukan makna baru dalam hidup

Meskipun sadar adalah langkah awal yang penting, ini hanyalah awal dari pemulihan Anda dari kecanduan alkohol atau minuman keras.

  1. Rehabilitasi atau perawatan profesional dapat membantu Anda memulai jalan menuju pemulihan, tetapi untuk tetap bebas alkohol untuk jangka panjang, Anda harus membangun kehidupan baru yang bermakna di mana minum tidak lagi memiliki tempat.
  2. Untuk mencegah perubahan suasana hati dan memerangi hasrat, berkonsentrasilah pada makan yang benar dan banyak tidur. Latihan juga penting: ini melepaskan endorfin, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan emosional.
  3. Bangun jaringan dukungan Anda. Kelilingi diri Anda dengan pengaruh positif dan orang-orang yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Semakin banyak Anda berinvestasi pada orang lain dan komunitas Anda, semakin banyak Anda harus kehilangan yang akan membantu Anda tetap termotivasi dan berada di jalur pemulihan.
  4. Kembangkan kegiatan dan minat baru. Temukan hobi baru, kegiatan sukarela, atau pekerjaan yang memberi Anda makna dan tujuan. Ketika Anda melakukan hal-hal yang menurut Anda memuaskan, Anda akan merasa lebih baik tentang diri Anda sendiri dan minum akan kurang menarik.

Lanjutkan pengobatan.

Peluang Anda untuk tetap sadar meningkat jika Anda berpartisipasi dalam kelompok pendukung seperti Alcoholics Anonymous, memiliki sponsor, atau terlibat dalam terapi atau program perawatan rawat jalan.

Atasi stres dengan cara yang sehat. Penyalahgunaan alkohol seringkali merupakan upaya yang salah arah untuk mengelola stres. Temukan cara yang lebih sehat untuk menjaga tingkat stres Anda tetap terjaga, seperti berolahraga, bermeditasi, atau berlatih latihan pernapasan atau teknik relaksasi lainnya.

Rencanakan pemicu dan keinginan

Mengidam alkohol bisa menjadi sangat kuat, terutama dalam enam bulan pertama setelah Anda berhenti minum. Perawatan alkohol yang baik mempersiapkan Anda menghadapi tantangan-tantangan ini, membantu Anda mengembangkan keterampilan koping baru untuk menghadapi situasi yang membuat stres, mengidam alkohol, dan tekanan sosial untuk minum.

Menghindari pemicu minum

Hindari hal-hal yang memicu keinginan Anda untuk minum. Jika orang, tempat, atau aktivitas tertentu memicu keinginan untuk mengonsumsi alkohol, cobalah untuk menghindarinya. Ini mungkin berarti membuat perubahan besar pada kehidupan sosial Anda, seperti menemukan hal-hal baru yang berkaitan dengan teman minum lama Anda  atau bahkan melepaskan teman-teman itu dan menemukan yang baru .

Baca Juga : Apa Dampak Minum Alkohol Bagi Tubuh?

Berlatihlah mengatakan “tidak” pada alkohol dalam situasi sosial.

Untuk mengatasi Kecanduan Alkohol iniTidak peduli seberapa keras Anda berusaha menghindari alkohol, mungkin ada saat-saat Anda ditawari minum. Bersiaplah maju untuk bagaimana Anda akan merespons, dengan tegas, namun sopan, “tidak, terima kasih.”

Kategori: Uncategorized

infosehat

SentraKesehatan.Com merupakan situs yang memberikan informasi tentang kesehatan dan kecantikan bagi pria dan wanita. Anda bisa membaca tips dan panduan cara mengobati dari bahan-bahan herbal alami aman tanpa efek samping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *