Apa Itu Cacar? Bagaimana Cara Mengatasi Cacar? Cacar adalah virus yang sangat menular dan mematikan yang belum diketahui obatnya. Kasus terakhir yang diketahui terjadi karena program vaksinasi di seluruh dunia, penyakit ini telah sepenuhnya diberantas. Cacar juga dikenal sebagai variola.

Cara Mengatasi Cacar

Informasi ini akan membahas luas tentang Cara Mengatasi Cacar. Sejak zaman Mesir kuno, cacar telah terbukti menjadi salah satu penyakit paling menghancurkan bagi umat manusia. Epidemi cacar yang menyebar luas dan korban jiwa yang sangat besar memenuhi halaman buku-buku sejarah kita.

Cacar, yang dulunya merupakan penyakit parah yang umum di seluruh dunia, disertifikasi sebagai diberantas secara global oleh Majelis Kesehatan Dunia pada tahun 1980 setelah kampanye imunisasi yang berhasil di seluruh dunia.

Ada dua bentuk cacar, variola mayor (yang lebih umum dan lebih parah) dan variola minor. Cacar adalah kondisi yang harus dilaporkan .

Bagaimana Penyebaran Cacar?

Cacar menular. Itu artinya virus bisa menyebar ke orang lain. Ini menyebar melalui tetesan kecil air liur orang yang terinfeksi ( ludah ) ketika orang tersebut batuk, berbicara, atau bersin. Cacar biasanya berpindah dari satu orang ke orang lain selama kontak langsung yang dekat.

Apa itu Vaksin Cacar?

Sebuah vaksin, jenis tembakan , dapat mencegah infeksi dengan virus yang menyebabkan cacar. Bertahun-tahun yang lalu, orang divaksinasi cacar. Saat ini, vaksin cacar tidak diberikan karena tidak ada yang menderita penyakit ini selama bertahun-tahun.

Meskipun Anda tidak dapat – dan tidak perlu – mendapatkan vaksin cacar sekarang, ada persediaan vaksin jika ada wabah penyakit. Para ilmuwan juga berupaya membuat lebih banyak vaksin untuk dimiliki di masa depan.

Vaksin cacar memang telah dibuat. Namun, penyakit ini terus menginfeksi dan membunuh orang secara luas selama 200 tahun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerapkan standar vaksinasi yang ketat untuk memperlambat laju infeksi. Kasus alami terakhir yang diketahui terjadi di Indonesia.

Apa Tanda-Tanda Wabah Cacar?

Jika seseorang terkena cacar, dokter dapat mengenali penyakitnya karena menyebabkan jenis ruam khusus . Ruam muncul sebagai lepuh pada kulit yang penuh dengan cairan dan kerak. Ini mungkin terdengar seperti cacar air, tetapi lepuh terlihat berbeda dari lepuh yang disebabkan cacar air. Gejala cacar lainnya adalah seperti banyak penyakit lain yang kurang serius: demam , sakit kepala , sakit punggung, dan merasa lelah.

WHO menyatakan bahwa cacar telah sepenuhnya diberantas, meskipun pemerintah dan lembaga kesehatan masih memiliki simpanan virus cacar untuk tujuan penelitian.

Orang tidak lagi menerima vaksinasi cacar rutin. Vaksin cacar dapat memiliki efek samping yang berpotensi fatal, sehingga hanya orang-orang yang berisiko tinggi terpapar vaksin tersebut.

Apa yang Akan terjadi saat Terkena Cacar?

Apa Gejala Cacar?

Catatan sejarah menunjukkan bahwa ketika seseorang terinfeksi virus cacar, mereka tidak memiliki gejala antara tujuh dan 17 hari. Namun, setelah masa inkubasi (atau fase pengembangan virus) berakhir, gejala-gejala mirip flu berikut terjadi:

  • demam tinggi
  • panas dingin
  • sakit kepala
  • sakit punggung yang parah
  • sakit perut
  • muntah

Gejala-gejala ini akan hilang dalam dua hingga tiga hari. Maka pasien akan merasa lebih baik. Namun, saat pasien mulai merasa lebih baik, ruam akan muncul. Ruam mulai di wajah dan kemudian menyebar ke tangan, lengan, dan bagian utama tubuh. Orang itu akan sangat menular sampai ruam menghilang.

Dalam dua hari penampilan, ruam akan berkembang menjadi abses yang berisi cairan dan nanah. Abses akan terbuka dan berkeropeng. Keropeng pada akhirnya akan jatuh, meninggalkan bekas bekas lubang. Sampai keropeng jatuh, orang itu tetap menular.

Tanda dan gejala

ruam kulit makulopapular, yang didistribusikan ke wajah, lengan, dan tubuhnya dengan cara yang secara klasik mewakili cacar.Tanda dan gejala cacar mungkin termasuk:

  • tiba-tiba timbulnya demam tinggi yang mungkin berulang
  • malaise (perasaan tidak enak badan)
  • ruam kulit yang menyebar luas – bintik-bintik datar yang
  • berubah menjadi benjolan yang terangkat kemudian lepuh
  • berisi cairan padat yang kemudian keropeng
  • sakit punggung
  • sakit perut
  • muntah
  • diare.

Pada 30 hingga 50% dari orang yang tidak divaksinasi dengan variola mayor penyakit ini berkembang dengan perdarahan, tekanan darah rendah, kegagalan multi-organ dan kematian. Variola minor memiliki tingkat kematian kurang dari 1%.

Jenis Cacar

Ada dua bentuk cacar yang umum dan langka. Dua bentuk umum dikenal sebagai variola minor dan variola mayor. Variola minor adalah jenis cacar yang kurang fatal. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, memperkirakan bahwa hanya 1 persen dari mereka yang terinfeksi meninggal. Namun, itu kurang umum daripada variola mayor.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa 90 persen kasus cacar adalah variola mayor. Secara historis, cacar jenis ini membunuh 30 persen dari mereka yang terinfeksi.

Dua bentuk cacar yang langka dikenal sebagai hemoragik dan ganas. Kedua bentuk cacar langka ini membawa tingkat kematian yang sangat tinggi.

Cacar hemoragik menyebabkan organ-organ bocor darah ke selaput lendir dan kulit. Lesi cacar ganas tidak berkembang menjadi pustula atau benjolan berisi nanah pada kulit. Sebaliknya, mereka tetap lembut dan rata sepanjang seluruh penyakit.

Bagaimana Anda Menangkap Cacar?

Salah satu alasan cacar sangat berbahaya dan mematikan adalah karena itu adalah penyakit yang ditularkan melalui udara. Penyakit yang ditularkan melalui udara cenderung menyebar dengan cepat.

Batuk, bersin, atau kontak langsung dengan cairan tubuh apa pun dapat menyebarkan virus cacar. Selain itu, berbagi pakaian atau tempat tidur yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi.

Perawatan untuk Cacar

Tidak ada obat untuk virus cacar. Sebagai hasil dari program vaksinasi berulang di seluruh dunia, virus variola (cacar) telah sepenuhnya diberantas. Satu-satunya orang yang dianggap berisiko terkena cacar adalah para peneliti yang bekerja dengannya di laboratorium.

Dalam hal tidak mungkin terjadi paparan virus cacar, vaksinasi dalam satu hingga tiga hari dapat mencegah penyakit menjadi begitu parah. Selain itu, antibiotik dapat membantu mengurangi infeksi bakteri yang terkait dengan virus.

Bagaimana cacar menyebar?

Cacar disebabkan oleh virus variola dan menyebar dari orang ke orang. Cacar menyebar ketika orang yang terinfeksi berbicara, batuk atau bersin tetesan kecil yang mengandung agen infeksi ke udara. Tetesan di udara mungkin dihirup oleh orang-orang terdekat atau dapat mencemari benda.

Cacar juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan blister atau benda yang terkontaminasi. Cacar adalah agen bioterorisme potensial.

Diagnosa

Diagnosis adalah dengan uji laboratorium cairan blister atau kerokan kulit, atau darah diambil selama tahap demam.

Masa inkubasi

Waktu antara terinfeksi dan mengembangkan gejala, Dari 7 hingga 19 hari, biasanya 10 hingga 14 hari.

Periode menular

Waktu selama orang yang terinfeksi dapat menginfeksi orang lain, Dari mulai demam sampai semua kudis jatuh. Orang-orang paling menular selama ruam kulit dini.

Bagaimana Cara Mengatasinnya ?

Pengobatan

Tidak ada pengobatan khusus untuk cacar. Orang yang dicurigai atau dikonfirmasi cacar memerlukan perawatan yang mendukung di rumah sakit.

Pencegahan

Kecualikan penderita penyakit cacar Dari anak, prasekolah, sekolah dan bekerja dari awal penyakit sampai semua scabs telah menghilang dan mereka telah disarankan oleh Kepala Petugas Karantina Kesehatan bahwa mereka dapat kembali.
Vaksin tersedia.

Vaksinasi terhadap cacar tidak secara rutin direkomendasikan di Australia dan tidak sesuai dengan jadwal Program Imunisasi Nasional . Vaksinasi direkomendasikan untuk staf laboratorium yang secara rutin bekerja dengan vaccinia poxvirus (kecuali dikontraindikasikan).

Baca Juga :Bagaimana Cara Mengatasi Kanker Payudara?

Ada risiko kecil bahwa cacar dapat dikeluarkan dengan sengaja karena bioweapon dan departemen kesehatan di seluruh dunia sedang merencanakan Cara Mengatasi Cacar kemungkinan ini, Segera isolasi kasus cacar yang dicurigai dan dikonfirmasi sampai tidak menular lagi.

Kategori: Uncategorized

infosehat

SentraKesehatan.Com merupakan situs yang memberikan informasi tentang kesehatan dan kecantikan bagi pria dan wanita. Anda bisa membaca tips dan panduan cara mengobati dari bahan-bahan herbal alami aman tanpa efek samping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *